Abstrak Jaman Nyekripsi

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN

TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)

SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KKPI KELAS X MULTIMEDIA

DI SMK N 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2012/2013

 

Oleh:

Octo Ayomy

09520244013

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Multimedia setelah dilakukan penerapan  pembelajaran kooperatif  tipe Team Accelerated Instruction pada Standar Kompetensi Menginstall Software Jaringan di SMK N 1 Pengasih.

Metode penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 rencana tindakan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Materi yang dipilih yaitu Menginstall Software Jaringan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan langsung dikelas dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan persentase keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran KKPI. Peningkatan keaktifan belajar siswa tersebut dapat dilihat rata-rata aspek keaktifan visual siswa pada siklus I dan II adalah 41,94% dan pada siklus III naik mencapai 79,84%. Rata-rata keaktifan aspek metrik pada siklus I 38,71%, siklus II 41,94% dan pada siklus III naik menjadi 87,1%. Rata-rata aspek keaktifan lisan siswa pada siklus I adalah 19,89% dan siklus II 35,48% pada siklus III naik menjadi 79,57%. Rata-rata aspek keaktifan menulis siswa pada siklus I adalah 16,67% dan siklus II 52,69% pada siklus III naik mencapai 83,87%. Rata-rata keaktifan belajar siswa pada siklus I menunjukkan 29,30% siswa telah aktif pada siklus II 43,01% pada siklus III naik menjadi 82,59% dengan peningkatan sebesar 53,39%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe Team Accelerated Instruction dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Kata kunci: Team Accelerated Instruction (TAI), Keaktifan Belajar Siswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s