PERANAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN

OCTO AYOMY
09520244013
Pend.Teknik Informatika

PERANAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Pembangunan suatu bangsa memerlukan aset pokok yang disebut sumber daya (resources),
baik sumber daya alam (natural resources) maupun sumber daya manusia (human
resources).Tetapi apabila dipertanyakan mana yang lebih penting diantara kedua sumber
daya tersebut, maka sumberdaya manusialah yang lebih penting. Sumber daya manusia
merupakan penggerak dalam pembangunan suatu bangsa.

Peranan pendidikan semakin strategis dalam menghadapi pasar global. Dampak globalisasi
mengakibatkan terjadinya persaingan secara bebas dalam dunia pendidikan dan tenaga kerja
sebagai akibat mekanisme pasar. Lembaga pendidikan harus menghasilkan sumber daya
manusia yang berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan permintaan pasar tenaga kerja
yang cenderung berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Hanya bangsa yang
berkualitas yang akan mampu bersaing. Kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh
kualitas sumberdaya manusia. Kualitas sumberdaya manusia juga ditentukan oleh kualitas
pendidikan bangsa tersebut.

Kenyataan menunjukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus dipenuhi
berbagai persyaratan salah satunya adalah memiliki sarana prasa prasarana yang memenuhi
standar seperti pemanfaatan ICT dalam pendidikan.Dengan hadirnya ICT dalam dunia
pendidikan bisa membawa dampak positif apabila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi bisa menjadi masalah baru apabila sekolah tidak
siap. Untuk itu, perlu dilakukan suatu kajian tentang dampak positif dan negatif dari
pemanfataan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) sebagai media komunikasi untuk
meningkatkan kualitas pendidikan.

Perkembangan teknologi komunikasi begitu cepat sehingga berdampak pada berbagai sendi
kehidupan manusia. Dalam memasuki ere globalisasi sekarang ini, lembaga pendidikan
mempunyai tanggung jawab membersiapkan dan menghasilkan sumberdaya manusia yang
mampu menghadapi semua tantangan perubahan yang ada disekitarnya yang berjalan
sangat cepat. Bahkan sebagai dampak globalisasi mengakibatkan terjadinya persaingan
secara bebas dalam dunia pendidikan maupun tenaga kerja. Kondisi tersebut menuntut perlu
adanya suatu sistem pendidikan yang bermutu yaitu sistem pendidikan yang mampu
menyediakan sumberdaya manusia yang dapat bersaing dalam menghadapi persaingan
global. Karena itu pendidikan perlu diarahkan agar mampu menyediakan sumberdaya
manusia yang mampu menghadapi tantangan zaman secara efektif sejak usia sekolah
dengan memanfaatkan kemajuan terknologi.

Media komunikasi merupakan suatu alat dimana komunikator menggunakannya untuk
mengirim pesan kepada komunikan. Dalam pendidikan, media komunikasi biasanya disebut
sebagai media pengajaran.
Ada tiga peranan media dalam pendidikan, 1) media pembelajaran yang dalam hal ini
berfungsi sebagai penyampaian pesan khusus, 2) sebagai pembentuk lingkaran perantara
dimana media membantu siswa melakukan eksplorasi dan membentuk pemahaman suatu
pengetahuan, dan 3) mengembangkan kemampuan kognitif, dinama media dipergunakan
sebagai model atau perluasan mental kemampuan
Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa media yang paling efektif digunakan untuk
mencapai mutu pendidikan dalam memasuki ere globalisasi sekarang ini adalah dengan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

ICT adalah istilah umum yang mengacu pada teknologi yang digunakan untuk
mengumpulkan, mengedit, mendapatkan informasi dalam berbagai bentuk, Ada lima
perspektif yang bisa dilihat dalam peranan ICT dalam perannya sebagai media pembelajaran
yaitu: 1) media sebagai teknologi, 2) media sebagai alat atau tutor atau guru, 3) media
sebagai agen sosialisasi, 4) Media sebagai motivator untuk belajar, dam 5) Media sebagai
alat mental untuk berpikir dan memecahkan masalah.

Secara umum, penggunaan ICT dalam pendidikan dideskripsikan sebaai berikut : 1) ICT
sebagai objek pembelajaran yang kebanyakan terorganisir dalam kursus-kursus spesial. Apa
yang dipelajari tergantung pada bentuk pendidikan dan level siswa. Pendidikan ini
mempersiapkan siswa untuk menggunakan ICT dalam pendidikan, keterampilan masa depan
dan dalam kehidupan sosial. 2) ICT sebagai alat bantu yaitu digunakan sebagai alat,
misalnya ketika membuat tugas-tugas, mengumpulkan data, dan dokumentasi dan
melaksanakan penelitian. Umumnya ICT digunakan dalam memecahkan permasalahan
secara independen. 3) ICT sebagai medium proses pembelajaran, dimana guru dapat
mengajar dan murid dapat belajar.

Pada umumnya pendapat guru dan siswa tentang manfaat ICT khususnya edukasi net
antara lain : 1) Memudahkan guru dan siswa dalam mencari sumber belajar alternatif, 2 )
Bagi siswa dapat memperjelas materi yang telah disampaikan oleh guru, karena disamping
disertai gambar juga ada animasi menarik, 3) Dapat berlatih soal dengan menanfaatkan uji
kompetensi, 4) Cara belajar lebih efisien, 5) Wawasan bertambah, 6) Meringankan dalam
membuat contoh soal, 7) Mengetahui dan mengikuti perkembangan materi dan info-info lain
yang berhubungan dengan bidang studi, 8) Membantu siswa dalam mempelajari materi
secara individu selain disekolah, 9) Membantu siswa melek ICT, Adapun manfaat ICT
khususnya internet/edukasi-net bagi pengembangan profesional guru yaitu meningkatkan
pengetahuan, membagi sumber diantara rekan sejawat/sedepartemen, .bekerjasama dengan
guru-buru dari luar negeri, kesempatan untuk menerbitkan/mengumumkan informasi secara
langsung, mengatur komunikasi secara teratur, berpartisipasi dalam forum dengan rekan
sejawat baik lokal maupun nasional dan internasional.

Manfaat sebagai sumber bahan yaitu dapat mengakses rencana pembelajaran dan
metodologi baru, sebagai bahan baku dan bahan jadi cocok untuk segala bidang pelajaran,
menginformasikan berbagai sumber. Mendorong minat guru/tutor untuk meningkatkan
motivasi siswa agar lebih terfokus untuk belajar.

Manfaat bagi siswa yaitu: 1) mendorong siswa belajar sendiri secara cepat, sehingga
meningkatkan pengetahuan, belajar berinteraktivitas dan mengembangkan kemampuan
dibidang penelitian. 2) dapat memperkaya diri siswa dalam meningkatkan komunikasi dengan
siswa lain dan meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia.
Berdasarkan manfaat ICT terhadap guru, siswa maupun sebagai sumber bahan maka
terlihat bahwa dengan memanfaatkan ICT sebagai media pendidikan dapat meningkatkan
kualitas pendidikan baik kulitas guru, siswa maupun bahan ajar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s